Webinar Call Paper Milad Ke-73 SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta

SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta merayakan Milad ke-73 dengan menggelar Webinar Call Paper bertemakan "Peluang dan Tantangan Transformasi Pendidikan di Era Merdeka Belajar." Acara webinar ini diadakan pada Sabtu, 14 Oktober 2023, mulai pukul 08.00 hingga 11.30 WIB.

Transformasi pendidikan menjadi topik utama dalam diskusi ini, menggali potensi dan tantangan yang muncul di era "Merdeka Belajar." Webinar ini dihadiri oleh dua narasumber utama yang ahli dalam bidangnya.

Narasumber pertama adalah Dr. Mansur Arsyad, M.Pd, yang berasal dari Pusat Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam presentasinya, Dr. Mansur Arsyad membahas "Peluang dan Tantangan Transformasi Pendidikan di Era Merdeka Belajar." Beliau menjelaskan bahwa saat ini, sekolah dan orang tua tidak hanya berperan sebagai pelindung dari hujan dan teriknya dunia, tetapi juga sebagai tempat subur untuk menanamkan benih-benih potensi kemanusiaan anak-anak.

Narasumber kedua, Dr. Yudan Hermawan, S.Pd., M.Pd., seorang Tim Ahli Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), menyampaikan materi tentang "Transformasi Pendidikan di Era Merdeka Belajar." Beliau menekankan bahwa transformasi pendidikan dalam era Merdeka Belajar memerlukan komitmen dari semua pihak terkait, termasuk pemerintah, sekolah, guru, orang tua, dan peserta didik. Kolaborasi di antara mereka diperlukan untuk memaksimalkan peluang dan mengatasi tantangan guna meningkatkan kualitas pendidikan dan menciptakan generasi yang terampil dan terdidik. Dalam konteks ini, pendidikan harus mampu mengembangkan dua kata kunci, yaitu talenta dan kreativitas.

Selain dua narasumber utama, acara ini juga menghadirkan sesi panel dengan tiga presenter yang membahas beragam aspek pendidikan:

  1. Nur Hariyanti, S.Pd.I, membahas "Peluang dan Tantangan Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar di MIN Wonosobo di Desa Kalikarung, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah."
  2. Dedek Ajeng Okta Triyana, S.Pd, memperkenalkan "Irregular Verbs Card: Media Belajar Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks."
  3. Imas Linda Ningsih, S.Pd, menyajikan analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII pada materi "Bangun Ruang Sisi Datar."

Acara ini menjadi wahana bagi para pendidik, orang tua, dan pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan untuk lebih memahami dinamika dan peluang yang muncul di era Merdeka Belajar. Transformasi pendidikan menjadi kunci untuk menciptakan generasi yang unggul dan mampu bersaing dalam era globalisasi yang semakin kompetitif. SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta bangga menjadi tuan rumah acara berharga ini telah mengundang semua pihak dalam diskusi yang mendalam mengenai masa depan pendidikan. (EY)