Persiapkan Mental Siswa-siswi kelas XII Meraih Masa Depan, SMA Muha Gelar Muhasabah & Achievement Motivation Training (AMT) Tahap ke-2

Tanpa terasa masa putih abu-abu siswa-siswi kelas duabelas akan segera berakhir. Masa dimana mereka dipaksa untuk menjadi lebih dewasa dan bisa menentukan langkah selanjutnya dalam menggapai cita-cita mereka. Dalam prakteknya, masih banyak siswa yang kesulitan dalam menentukan masa depannya, baik menentukan program studi lanjutnya maupun pertanyaan sederhana seperti menentukan apakah mereka harus kuliah atau bekerja saja. Pihak sekolah sangat memahami pemikiran-pemikiran siswa semacam itu, apalagi mereka berada difase remaja yang terkadang masih labil dalam menentukan Keputusan. Oleh karenanya, SMA Muha selalu berkomitmen untuk membantu siswa-siswinya dalam menentukan masa depan mereka dengan berbagai kegiatan pendampingan untuk kelas XII, dimana salah satunya adalah AMT atau Achievement Motivation Training.

Kegiatan AMT ini dilakukan secara bertahap dimana tahap pertama dilakukan pada 17 November 2023 dengan berfokus pada motivasi siswa untuk selalu berprestasi. Sedangkan tahap kedua dilaksanakan kemarin pada hari jum’at, 01 maret 2024. Pada tahap kedua ini siswa-siswi difokuskan pada kesiapan mereka secara spiritual dalam menghadapi ASPD dan SNBT. AMT kedua ini juga dilaksanakan tepat sebelum ujian ASPD dilaksanakan. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan, Bapak Mukhlis, S.Ag.. M.S.I selaku waka Ismuba sekaligus ketua kegiatan AMT menjelaskan, “sebenarnya untuk tahap kedua ini memang sengaja kami laksanakan sebelum anak-anak ASPD, jadi senin mereka ASPD, hari jumat sebelumnya kami laksanakan AMT supaya anak-anak ibarat kata masih terngiang-ngiang dengan motivasi yang diberikan oleh motivator”.

Dalam kegiatan AMT tahap kedua ini juga memiliki fokus yang berbeda dengan tahap pertama. Ditahap kedua ini siswa-siswi diajak untuk merefleksikan diri melalui hypnotherapy yang dilakukan oleh narasumber professional yakni Afif Hidayatullah, SE., S.Pd., M.Ak., C.Ht C.NNLP C.STMI. Beliau merupakan trainer & motivator nasional, founder Power Inspiring Training Center, dan founder Rumah Hypnotherapy Gresik.

Kegiatan yang berlangsung di Grha Ibnu Sina SMA Muha ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa percaya diri terhadap para siswa dan juga diharapkan siswa dapat merefleksikan diri bahwa dibalik setiap kemudahan langkah mereka, dan kesuksesan mereka dalam meraih masa depan, ada jasa dan do’a-doa yang terus mengalir untuk mereka baik dari orangtua, saudara, maupun guru yang tidak henti-hentinya mendoakan agar disetiap langkah anak, kakak, adik, maupun siswanya selalu diberikan kemudahan.

Suksesnya kegiatan ini tentu bukan tanpa adanya kendala. Bapak Mukhlis, S.Ag., M.S.I juga menjelaskan kendala yang dialami, “kendala utama itu kemarin tiba-tiba Grha Ibnu Sina sudah disewa PDM kalau tidak salah, jadi waktu rapat panitia kita sudah merancang planning kegiatan jika dilaksanakan di Masjid Al-Mujadid SMA Muha. Nah, itu menjadi kendala yang cukup berat karena di Masjid kan tidak ada AC yak arena ruang terbuka dan duduknya pun lesehan, takutnya hypnotherapy yang diberikan tidak sampai sepenuhnya kepada mereka. Dilain sisi masjid kita cukup panas juga kalau siang-siang, sedangkan acara kita mulai sebelum sholat jum’at berjamaah. Kita sudah planning seperti menyediakan beberapa kipas angin, membagi tata letak duduk siswa, posisi banner karena banner kan kita buat standar aula, kalau dipasang di masjid kan tidak proporsional posisinya, itu juga kita fikirkan. Tetapi alhamdulillah H-3 acara kami mendapat kabar baik kalau Graha Ibnu Sina bisa kami gunakan, dan alhamdulillah berjalan dengan lancar, bahkan sangat lancar. Sampai-sampai banyak yang bilang ini acara AMT dan muhasabah yang paling menyentuh baik bagi siswa maupun guru-guru yang hadir”.

Doa-doa terbaik selalu dipanjatkan baik oleh guru, tenaga kependidikan SMA Muha, maupun orangtua siswa. Sekolah mencoba memberikan yang terbaik dalam segala persiapan baik akademik maupun spiritual untuk membantu mempersiapkan masa depan siswa, dan kini semua kembali pada tangan para siswa. Semoga segala ikhtiar berbuah manis dengan melibatkan Allah disetiap langkah, aamiin. (AAP)