Serba-Serbi Acara Ramadhan di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta Menguatkan Iman dan Takwa

Bulan suci Ramadhan menjadi momentum istimewa bagi SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta untuk mempererat ikatan spiritual antara guru tenaga kependidikan (GTK) dan peserta didik. Melalui rangkaian acara yang digelar selama beberapa hari, SMA Muha Jogja menghadirkan beragam kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sekitar.

Salah satu kegiatan utama adalah "Pesantren Kilat" bagi siswa kelas XI dan Fase E, yang dilaksanakan pada 14-16 Maret 2024. Pada tanggal 14 Maret dilaksanakan bagi siswa kelas XI, berbagai materi penting disampaikan, termasuk pembelajaran perawatan jenazah, kultum dalam 3 bahasa (Arab, Jawa, dan Inggris), serta kajian menjelang berbuka puasa.

Tak hanya itu, kelas Fase E juga melaksanakan serangkaian kegiatan, seperti shalat tarawih, tadarus, kajian, hingga sahur bersama, pada 15-16 Maret 2024 semalaman yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan dan kebersihan spiritual.
Kegiatan Pesantren Kilat diawali dari shalat ashar dan dzikir, pembukaan acara oleh kepala sekolah, tadarus Al-Qur'an, hingga kajian menjelang buka puasa dengan tema "Remaja Trendy Cinta Nabi". Seluruh kegiatan ini dilaksanakan di Masjid al-Mujadid, dengan penutupan oleh para pemimpin acara yang disertai dengan dzikir.

Di samping Pesantren Kilat, kegiatan "Tahsin" juga menjadi sorotan penting. Melalui kegiatan tadarus, para guru tenaga kependidikan dan siswa berusaha memperbaiki bacaan Al-Qur'an agar lebih tartil dan maknanya dapat dipahami dengan baik.

Tak hanya itu, Bhaskara Mubalig Hijrah (BMH), organisasi di sekolah ini, turut berperan aktif dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat. Dengan melakukan kegiatan sosial di desa Triwidadi, Sendangsari, dan Guwosari di Kecamatan Pajangan Bantul, BMH berusaha menjalankan nilai-nilai kemanusiaan yang diajarkan dalam ajaran Islam.

Terakhir, Pesantren Guru dan GTK turut mengisi agenda kegiatan mendalami sunah dengan sehari bersama Rasulullah. Materi ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan pengetahuan lebih dalam tentang ajaran Islam.

"Melalui serangkaian kegiatan ini, kami berharap dapat memperkuat iman dan takwa di kalangan civitas akademika kami serta memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat sekitar. Semoga bulan Ramadhan ini menjadi ladang amal yang bermanfaat bagi kita semua," ujar salah seorang panitia acara.

Melalui semangat kebersamaan dan tekad yang tinggi, SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta terus berkomitmen untuk menjadikan bulan Ramadhan sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas spiritual dan kemanusiaan bagi semua pihak yang terlibat. (EY).