SMA Muhammadiyah 2 Mewisuda 277 Siswa secara Luring dan Daring

SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta mengumumkan kelulusan 100% siswa kelas XII pada Senin tanggal 3 Mei 2021. Pengumuman kelulusan dilanjutkan dengan prosesi wisuda purna siswa sebanyak 277 siswa. Pelaksanaan wisuda berlangsung secara khidmat menggunakan sistem luring dan daring. Pelaksanaan sistem luring dilangsungkan di Grha Ibnu Sina dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Izin wisuda luring juga telah sekolah kantongi dari MCCC PDM. Sistem luring dihadiri oleh tamu undangan, manajemen sekolah, wali kelas XII, panitia serta perwakilan siswa. Perwakilan siswa meliputi 9 siswa dari masing-masing kelas dan 2 perwakilan siswa berprestasi bidang akademik. Pelaksanaan wisuda secara daring diselenggarakan via zoom meeting yang diikuti oleh segenap keluarga SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Ditemui di ruang kepala sekolah, Drs. Slamet Purwo memaparkan bahwa di momentum wisuda ini sekolah turut memberikan penghargaan bagi siswa-siswi berprestasi baik itu bidang akademik maupun non akademik. Drs. Slamet Purwo mengungkapkan bahwa, “kegiatan diawali dengan penyampaikan pengumuman kelulusan siswa kelas XII. Acara kedua, wisuda purna yang kemudian kami serahkan kepada orang tua siswa melalui komite sekolah. Pelepasan siswa dengan pemberian mandat kepada orang tua atau wali siswa dengan mengalungkan samir sebagai tanda purna siswa.”

Kekhidmatan proses wisuda membaur dengan rasa penuh haru mendengar pidato sambutan dari Wahyu Yuntari sebagai perwakilan siswa berprestasi parallel kelas IPA. Ungkapan ketulusan rasa terimakasih juga permohonan maaf atas segala khilaf sebagai siswa dituturkan Wahyu melalui pidatonya. Wahyu mengungkapkan betapa bangga dan bersyukurnya atas anugerah yang didapat selama tiga tahun menimba ilmu dan menjadi bagian dari SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Di akhir pidatonya, Wahyu, menyematkan perihal janji diri dan segenap siswa kelas XII. “Kami berjanji akan lebih baik dan menjadi anak yang berguna bagi Nusa Bangsa, membanggakan kedua orang tua, serta almamater SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Kami memohon doa restu kepada bapak ibu karyawan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi sehingga dapat meriah cita-cita kami. Hanya waktu yang memisahkan fisik kita namun tidak akan mampu memisahkan hati, jiwa dan kenangan yang terjadi selama tiga tahun ini. InsyaAllah silahturahmi tetap terjaga”, ujar Wahyu.

Prosesi wisuda diakhiri dengan penayangan video persembahan dari siswa kelas XII. Video persembahan berisi video maupun foto kilas balik momentum siswa selama sekolah di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Diiringi lantunan lagu Terimakasihku juga puisi yang dibawakan oleh Syakira membuat suasana semakin haru. Rachmad Fajar, salah satu pembuat video persembahan, mengungkapkan bahwa video persembahan dibuat sebagai wujud ungkapan rasa terimakasih kepada guru-guru yang selama ini mengajar dan sudah lama tidak ditemui selama kurun waktu setahun terakhir. Ceremony wisuda kemudian ditutup dengan pelaksanaan kegiatan bakti sosial. Kegiatan bakti sosial menjadi pelengkap untuk meluapkan rasa syukur atas kesuksesan juga kelulusan siswa kelas XII. Bakti sosial berupa pemberian bantuan paket sembako yang disalurkan ke masyarakat sekitar lingkungan sekolah. (NH)