Sosialisasi (PTM Terbatas) SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta 

Mempersiapkan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTM Terbatas) SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta melakukan sosialisasi sebanyak 3 kali petermuan kepada siswa dan orangtua atau wali murid sesuai tingkat/jenjang untuk kelas X pada hari Selasa, 21 September 2021, Kelas XI pada Kamis, 23 September 2021, dan kelas XII pada Jumat, 24 September 2021 melaui Zoom Meeting. Dalam pertemuan tersebut menghasilkan kesimpulan dan keputusan bahwa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta telah mendapatkan izin dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dan Balai Dikmen Muhammadiyah Kota Yogyakarta sebagai sekolah percontohan pembelajaran tatap muka terbatas disamping karena fasilitas dan protokol kesehatan yang mendukung. Oleh karena hal tersebut sekolah perlu menyampaikan sosialisasi bahwa pembelajaran terbatas ini hanya dapat dilakukan jika mendapatkan izin dari orang tua atau wali murid. Adapun bagi siswa yang terkendala dan belum mendapatkan izin untuk pembelajaran tatap muka terbatas dari orang tua wali murid maka sekolah tetap berkewajiban memberikan pembelajaran via daring.

Kepala SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta Drs H. Slamet Purwo dalam sambutan sosialisasi PTM Terbatas mengatakan pihak sekolah sudah menyiapkan fasilitas pendukung protokol kesehatan, jauh sebelum akan dilaksanakannya PTM Terbatas pada tanggal 4 Oktober 2021 mendatang mulai dari ketersediaan Gadjah Mada Electronic Nose COVID-19 (Genose) di sekolah, tempat cuci tangan, pemasangan hand sanitizer disetiap tembok kelas, hingga alur pembuatan ruang kelas yang dsesuaikan dengan jumlah siswa ganjil dan genap, dan pengaturan jarak kursi di dalam kelas. Selama pandemi hingga hari ini protokol kesehatan selalu dilaksanakan di sekolah terutamam para guru dan tenaga kependidikan (karyawan) mulai dari pintu gerbang masuk sekolah cek kesesuaian masker, cek suhu tubuh, kemudian mencuci tangan dengan sabun (dan atau hand sanitizer). Penggunaan gedung sekolah selama pandemi hanya bagi Guru maupun Tenaga Kependidikan saja yang mendapatkan jadwal piket untuk datang disekolah, karena selama pembelajaran online siswa tidak diperkenankan datang kesekolah. Maka dengan menurunnya jumlah kasus terkonfirmasi covid 19 secara nasional, direncanakan pada tanggal 4 Oktober 2021 esok hari SMA Muhammadiyah telah mempersiapkan segala kemungkinan, memantau kedatangan siswa dan perjalanan menuju Yogyakarta, melakukan kerjasama dengan Rumah sakit Rujukan termasuk ketersediaan asrama bagi siswi yang akan menetap di Yogyakarta.

Oleh karena hal tersebut sekolah mengharapkan kepada seluruh pihak agar kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTM Terbatas) berjalan dengan baik dan tanpa kendala satu apapun. Berikut ini kami sampaikan Tata Tertib selama Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTM Terbatas) SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun ajaran 2021/2022:

KETENTUAN UMUM

  1. Yang dimaksud dengan Tata Tertib dalam pedoman Tata Tertib ini adalah peraturan yang berlaku dan harus ditaati oleh setiap siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta selama PTM Terbatas berlangsung.
  2. Tata Tertib sekolah ini dimaksudkan sebagai rambu-rambu bagi siswa dalam bersikap, berperilaku, bertindak, berbicara dalam melaksanakan kegiatan sehari hari di sekolah dalam rangka menciptakan suasana dan budaya sekolah yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran yang efektif.
  3. Tata Tertib ini dibuat berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam yang dianut oleh sekolah yang meliputi nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, akhlaqul karimah, pergaulan, kedisiplinan, ketertiban, kebersihan, keindahan, kerapian, keamanan, kekeluargaan, dan nilai-nilai yang mendukung kegiatan pembelajaran yang efektif di sekolah.

 

MASUK DAN PULANG SEKOLAH

  1. Bagi siswa yang sudah mendapatkan ijin dari orang tua berkewajiban mengikuti PTM Terbatas sesuai dengan jadwal, sedangkan siswa yang tidak terjadwal untuk mengikuti PTM Terbatas tetap mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)/online dari rumah masing-masing.
  2. Siswa wajib hadir di sekolah sebelum bel jam pertama (untuk sesi I) atau sebelum bel jam ke empat (untuk sesi II) dan memenuhi protokol kesehatan.
  3. Siswa mengikuti prosedur masuk sekolah sesuai dengan tahapan dan aturan yang telah dibuat sekolah (cek suhu, surat keterangan sehat, genose).
  4. Siswa yang tidak memenuhi syarat kesehatan untuk mengikuti PTM Terbatas diberi waktu sementara untuk beristirahat di ruang transit, jika setelah di cek memenuhi syarat kesehatan untuk mengikuti PTM Terbatas maka siswa diijinkan untuk mengikuti PTM Terbatas tetapi jika setelah di cek ulang siswa tidak memenuhi syarat untuk mengikuti PTM Terbatas maka siswa akan dirujuk ke UKS, Puskesmas, atau Rumah Sakit yang telah bekerjasama dengan sekolah dengan menghubungi orang tua/wali siswa.
  5. Siswa yang terlambat diijinkan mengikuti kegiatan belajar mengajar setelah mendapatkan ijin dari bapak ibu guru piket dan memenuhi protokol Kesehatan.
  6. Siswa wajib mengikuti proses pembelajaran dari awal sampai akhir pada sesi yang diikuti.
  7. Setelah selesai PTM Terbatas, siswa diwajibkan langsung pulang dengan tetap memenuhi protokol kesehatan.
  8. Siswa dilarang berkerumun dan diwajibkan menjaga jarak dan tetap memenuhi protokol kesehatan.
  9. Selama di sekolah, mobilitas siswa mengikuti tanda panah yang sudah ditetapkan sekolah.

KEGIATAN BELAJAR

  1. Siswa wajib mengikuti PTM Terbatas yang dimulai dari pukul 07.00 s.d 09.10 WIB (Sesi I) dan pukul 09.50 s.d 11.50 WIB (Sesi II) seperti yang telah diatur dalam jadwal pelajaran.
  2. Siswa yang terjadwal sesi I, maka sepulang sekolah melanjutkan untuk mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh dari rumah masing-masing. Siswa yang terjadwal sesi II, sebelum PTM Terbatas tetap mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh dari rumah masing-masing.
  3. Siswa wajib mengawali pelajaran dengan berdo’a, membawa Al-Qur’an dan mengikuti kegiatan tadarus Al-Qur’an pada awal jam pelajaran dimulai.
  4. Siswa wajib mengikuti penilaian harian yang diberikan oleh guru.
  5. Siswa wajib mengikuti pelajaran dengan tertib sehingga tercipta suasana yang kondusif untuk kegiatan belajar mengajar.
  6. Siswa yang tidak mengikuti KBM baik PTM Terbatas atau Pembelajaran Jarak Jauh karena suatu hal (sakit, keperluan lain) wajib memberikan informasi kepada sekolah (melalui wali kelas atau BK).

JADWAL PELAJARAN

Berikut jadwal pelajaran bisa di download (disini)