Kurikulum SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta

Untuk sekolah di lingkungan SMU Muhammadiyah 2 yogyakarta berlaku dua kurikulum yaitu KTSP dan kurikulum Muhammadiyah atau dinamakan KTSP plus.
 
1. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)
2. KURIKULUM 2013 (mulai th pelajaran 2013-2014)
3. KURIKULUM AL ISLAM, KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB (ISMUBA)
 
A. Fungsi
    Pengembangan keimanan da ketaqwaan kepada Allah SWT serta akhlak mulia anak didik, kemuhammadiyahan dan bahasa Arab seoptimal mungkin, yang telah ditanamkan terlebih dahulu pada ligkungan keluarga atau jejang pendidikan di bawahnya. Penanaman nilai ajaran Islam sebagai pedoman mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Penyesuaia metal peserta didik terhadap lingkungan fisik dan sosial melalui bidang studi Ismuba Perbaikan kesalahan-kesalahan, kelemahan-kelemahan peserta didik dalam keyakinan, pengamalan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari sesuai faham agama menurut menurut Muhammadiyah. Pencegahan anak didi dari hal-hal yang bersifat negatif udaya asing maupun lingkungan yang akan dihadapinya sehari-hari. Pengajaran tentang ilmu pengetahuan keagamaan secara umum (alam nyata dan nir-nyata), sistem dan fungsionalnya, kemuhammadiyahan dan bahasa Arab. Penyaluran siswa untuk mendalami pendidikan agama ke lembaga pendidikan yang lebih tinggi
 
B. Tujuan
    Menumbuhkan dan meningkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam menurut paha Muhammadiyah , Kemuhammadiyahan dan bahasa Arab sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan, ketaqwaannya kepada allah SWT, serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat , berbangsa dan bernegara, memahami dan menghayati serta ikut berperan serta dalam gerakan persyarikatan Muhammadiyah, serta memiliki kemampuan dasar berbahasa Arab untuk dapat melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.