Tabligh Akbar Semarak Milad Muhammadiyah ke-108 Bersama Ust Salim A Fillah

Sepak terjang pergerakan organisasi Muhammadiyah dalam dunia keagamaan, sosial, pendidikan maupun perempuan telah eksis selama kurun waktu 108 tahun lamanya. Sejak didirikan pada tanggal 18 November 1912, Muhammadiyah terus memberikan kontribusi dan sumbangsihnya kepada negara Indonesia.

SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta sebagai salah satu bagian dari perserikatan Muhammadiyah menyelenggarakan tabligh akbar dalam rangka Milad Muhammadiyah ke-108. Tabligh akbar tersebut mengusung tema “meneguhkan gerakan pelajar berkemajuan, hadapi pandemi dengan berbagai solusi”. Sebagaimana tema yang diangkat kali ini dimaksudkan agar para pelajar menjadi pribadi yang berkemauan untuk terus maju dengan mengatasi berbagai masalah yang terjadi khususnya pada masa pandemi Covid 19 ini. Ustadz Salim A Fillah diundang tamu untuk mengisi kajian dalam tabligh akbar tersebut.

“Berbicara mengenai pemuda kita dapat mengenal beberapa tokoh pemuda yang sudah diperkenalkan dalam surat Al Kahfi. Spirit perjuangan pemuda dalam surah Al Kahfi adalah suatu kebenaran karena dia adil dan tidak dzalim. Kisah yang benar bisa menjamin hidup dalam kebenaran. Kisah yang baik bisa menuntun kita mendapat nilai-nilai kebenaran. Salam kebaikan”, ujar Ust Salim A Fillah.

Nilai-nilai pembelajaran dari kisah pemuda dalam surat Al Kahfi sampai kapanpun akan dinilai relevan. Saking bernilainya ikhtisar pembelajaran tersebut, Rasulullah SAW mensunnahkan kepada kita untuk senantiasa membaca juga mendalami kisahnya setiap pekan di waktu hari Kamis dan Jumat. Allah SWT memberikan gambaran kepada kita bagaimana pemuda Kahfi terus mengobarkan spirit perjuangannya untuk menyerukan kebenaran akan Allah SWT. Berdasarkan kisah itu pulalah, kita diminta untuk menjadi seseorang yang berjiwa muda. Jiwa muda adalah jiwa yang produktif untuk terus tumbuh berkembang dengan kemauan untuk maju. Jiwa muda adalah yang berani mencoba hal-hal baru. (NH)